3 Destinasi Wisata di Paser Bisa Kamu Kunjungi Saat Libur Lebaran
Infopaser.id

Pada bulan Ramadan ini, beberapa destinasi wisata di Paser bisa jadi pilihan bagi keluarga yang berada di tanah Bumi Daya Taka untuk berlibur. Di antaranya Museum Sadurengas, Pantai Pasir Mayang, dan Gunung Embun.

Infopaser.id – Kabupaten Paser yang berada di Provinsi Kalimantan Timur mempunyai banyak destinasi wisata menarik untuk dikunjungi bersama keluarga. Untuk itu, bagi kamu yang ingin menghabiskan waktu libur lebaran bersama keluarga bisa banget mengunjungi berbagai tempat wisata menarik yang ada di tanah Bumi Daya Taka.  

Sejarah panjang dari Kabupaten Paser dari abad 16 mampu menawarkan nilai sejarah dan pengalaman seru yang tak terlupakan. Selain itu, keindahan alam di Kabupaten Paser juga sangat mempesona.

Destinasi Wisata Ramadan di Paser

Di bawah ini adalah beberapa destinasi wisata yang bisa dikunjungi saat libur lebaran ini: 

1.  Museum Sadurengas

Museum Sadurengas
Museum Sadurengas

Bangunan Museum Sadurengas yang terletak di Jalan Keraton, Desa Paser Belengkong, Kecamatan Paser Belengkong itu telah berdiri sejak awal abad ke-18.

Museum seluas satu hektar tersebut mempunyai banyak koleksi peninggalan Kerajaan Sadurengas seperti benda-benda kuno dari Dinasti Yuan abad ke 12-13 Masehi.

Baca Juga: Museum Sadurengas, Ikon Sejarah dan Wisata Kabupaten Paser

Bahkan, masih terdapat bukti kuno peninggalan sejarah peradaban Kerajaan Paser seperti alat rumah tangga, kesenian dan pakaian Sultan Paser.

2.  Pantai Pasir Mayang  

Pantai Pasir Mayang
Foto: Pantai Pasir Mayang /disporaparkku

Pantai Pasir Mayang berada di Desa Pasir Mayang, Kecamatan Kuaro, Kabupaten Paser. Pantai ini terkenal dengan keindahan pasir putihnya.

Dengan hutan mangrove di sekelilingnya, menjadikan Pantai Pasir Mayang cocok menjadi destinasi wisata liburan bersama keluarga yang menyenangkan.

Baca Juga: Museum Sadurengas, Ikon Sejarah dan Wisata Kabupaten Paser

Uniknya, kawasan ini terhubung dengan objek wisata lain dengan menggunakan jalur laut, yaitu Wisata Kampung Warna Warni, Hutan Mangrove di Desa Klempang Sari, dan Kemilau Pantai Pondong.

3.  Gunung Embun

Pemkab Paser Fokus Tambah Fasilitas di Gunung Embun
Pemkab Paser Fokus Tambah Fasilitas di Gunung Embun

Gunung Embun juga dikenal sebagai negeri di atas awan, berada di Desa Luan, Kecamatan Muara Samu, Kabupaten Paser.

Selain pesona keindahan alamnya, juga disediakan berbagai fasilitas seperti gazebo, kios untuk UMKM, pos jaga, mushala, area parkir, toilet, tempat swafoto, dan area camping wisatawan.

Untuk menikmati keindahan kabut tebal embun, tepat di puncak gunung, wisatawan bisa menginap atau berangkat pagi dini hari. Embun biasanya mulai muncul saat pagi sebelum pukul enam pagi, dan mulai berkurang di atas pukul 08.00 pagi.

Baca Juga: Museum Sadurengas, Ikon Sejarah dan Wisata Kabupaten Paser

Itulah tiga dari sekian banyak destinasi wisata di Kabupaten Paser yang sangat layak dikunjungi bersama keluarga saat libur lebaran ini. Jadi, liburan ini kamu mau ke mana nih bareng keluarga tercinta? 

Iklan