Apa Saja Sih Menu Sarapan Yang Banyak Dicari Di Paser? 
Infopaser.id

infopaser.id – Bagi pendatang baru yang sedang ada kegiatan pekerjaan atau berlibur ke Kabupaten Paser khususnya kota Tana Paser, pasti bingung apa saja kuliner yang mau di coba. Untuk sarapan dulu, Nasi Kuning, Bubur Ayam,dan Soto Banjar jadi menu andalan warga Bumi Daya Taka (Paser) ini. 

Nasi Kuning yang merupakan menu khas Banjarmasin ini sudah banyak ditemukan di berbagai lokasi di Paser, kalau mau yang rekomended, bisa coba ke Nasi Kuning Acil Aluh.

Lokasinya di belakang Masjid Agung Nurul Falah Tanah Grogot. Tanya saja warga sekitar pasti tau. Sanking banyaknya penggemar, Nasi Kuning ini sudah habis biasanya pada pukul 07.00 sampai 08.00 wita pagi. Bukanya dari setelah shalat subuh sekitar jam 5.30 WITA.  

Pulennya nasi dan menu lauk Ayam Kampung Masak Habang atau Bumbu Bali, jadi ciri khas. Ada juga varian lauk telur rebus dan daging Payau atau Kijang yang banyak disukai. 

Baca Juga:

Apalagi jika ada kegiatan dinas atau acara, banyak yang pesan puluhan sampai ratusan bungkus di warung ini, sehingga sering kehabisan jika jam 07.00 pagi ke sana. Selain di warung Acul Aluh, banyak juga Nasi Kuning lain yang ramai pembelinya. 

Nasi Kuning ini sampai ada reseller yang menjual ulang sekitar 50 bungkus, khusus untuk pembeli yang mencari sekitar jam 9 lewat. Tapi bedanya sudah berbungkus dan tidak hangat lagi. 

Mayoritas penjual Nasi Kuning ini memang orang Banjarmasin asalnya. Ada juga Nasi Kuning Al Fatih di Desa Tanah Periuk Kecamatan Tanah Grogot. Nasi di sini jenisnya Nasi Beras Banjarmasin yang agak keras dan terpisah, kalau biasa disebut Beras atau Nasi Karau. 

Sebagian yang cocok dengan jenis beras ini pasti suka Nasi Kuningnya. Hal paling mencirikan menu Nasi Kuning khas Banjarmasin yang ada di Paser ini adalah lauk Ayam Kampung dan Telur Bebek. 

Menu lainnya yang banyak disantap warga Kabupaten Paser adalah Bubur Ayam. Bubur di Paser ini berbeda dengan bubur lainnya di daerah mana pun, yang paling kentara ialah dari kuahnya yang merah dan berminyak. 

Baca Juga:

Padahal yang menjual mayoritas orang dari Jawa, namun bubur ini tidak ada di Jawa. Isi bubur khas Paser ini adalah suwiran ayam potong, telur rebus, tomat, daun bawang, melinjo, dan bisa ditambah dengan Sate Telur Puyuh. 

Bubur Ayam paling rame di kota Tana Paser menurut penulis ini adalah di Jalan R.A Kartini pas di sebelah Indomaret. Jika ke sana pada jam baru buka sekitar 7.30 sampai jam 09.00, siap-siap sabar antri yang mau duduk makan di situ atau dibungkus. 

Menu sarapan terakhir yang banyak dicari di Paser dan sedang hits adalah Soto Banjar Bakula, lokasinya juga pas di depan Bubur Ayam di Jalan R.A Kartini. 

Selain menjual Soto dengan isian khas Ayam Kampung dan Perkedel Kentangnya khas Banjarmasin, di sini bisa pesan juga Sate Ayamnya dengan siraman bumbu kacang. Bagi yang tidak suka berminyak seperti Bubur Ayam dan Nasi Kuning, banyak yang memilih Soto Banjar ini karena terbilang sehat, ayam kampung, kentang dan minum minyak.

Iklan