Oleh-oleh Favorit Warga Paser Untuk Dibawa Keluar Daerah
Infopaser.id

Ini Nih Oleh-oleh Favorit Warga Paser Untuk Dibawa Keluar Daerah

Oleh-oleh Kabupaten Paser di antaranya Kerupuk Udang/Ikan dan Petis Udang, Ikan Bulu Ayam, Kue Bolu Gula Aren.

Oleh-oleh Favorit Warga Kabupaten Paser

Buat warga Kabupaten Paser pasti sudah gak asing dengan oleh-oleh andalan ini nih. Biasanya wisatawan atau yang lagi ada pekerjaan ke Paser, diarahkan beli oleh-oleh ini. 

Oleh-oleh Kabupaten Paser

Selain awet, tiga oleh-oleh ini juga harganya murah dan pas untuk dikasih ke kerabat di luar daerah. Nah penasaran apa saja? Yuk intip rekomendasinya di bawah ini:

  1. Kerupuk Udang/Ikan dan Petis Udang

Kerupuk berbahan dari Udang dan Ikan yang paling banyak dibeli warga Paser untuk oleh-oleh kerabat di luar kota. Para wisatawan atau tamu yang datang ke Paser juga biasanya diarahkan membeli ini, satu paket dengan petis Udang.

Makan kerupuk ini paling pas dicocol petis Udang. Di Pasar Induk Penyembolum Senaken sangat banyak ditemukan Kerupuk dan Petis ini. Harganya bervariasi sesuai ukuran. 

  1. Ikan Bulu Ayam

Namanya memang unik, entah siapa yang menemukan nama pertama ini. Jenisnya seperti ikan asin teri atau ikan asin yang disajikan di catering resepsi pernikahan. 

Mirip-mirip Peyek bentuknya. Setiap beli oleh-oleh ini, biasanya pedagang di Pasar Senaken satu paket menawarkan ini dengan Kerupuk dan Petis. 

  1. Kue Bolu Gula Aren

Bentuknya seperti kue bolu pada umumnya, namun ini berbahan dasar Gula Aren khas Kabupaten Paser. Biasanya kue ini jadi oleh-oleh jenis manis yang bisa langsung dikonsumsi. Di Pasar Senaken juga pasti banyak ditemukan kue ini. 

Selain tiga jenis di atas, masih banyak oleh-oleh lainnya di Paser yang sudah berbentuk siap makan. Mulai dari keripik dari berbagai jenis olahan bahan, gula aren dengan berbagai olahannya, dan madu biasanya. 

Banyak pejabat dari luar daerah yang mencari oleh-oleh madu asli dari Paser. Banyak hutan dan kelompok tani hutan (KTH) di Paser yang menjual ini, namun harus jeli melihat keasliannya. Karena tidak dipungkiri banyak yang mengaku menjual madu asli dengan harga mahal, tapi ternyata madunya sudah di oplos.

Iklan