4 Desa di Paser Masuk Program IMPACT Indika Energy (INDY) - Info Paser
Infopaser.id

4 Desa di Paser Masuk Program IMPACT Indika Energy (INDY)

Program IMPACT Indika Energy adalah pelaksanaan pembibitan dan penanaman, pemberdayaan masyarakat, monitoring, evaluasi dan learning, publikasi dan desiminasi.

4 Desa di Paser Masuk Program IMPACT Indika Energy (INDY)

infopaser.id – Program Indika Energy Mangrove Program In Action (Impact) berupa rehabilitasi dan restorasi tanaman mangrove  direncanakan mencakup area sekitar 250 hektare sampai 2025 mendatang di Kabupaten Paser. 

Empat desa di Kabupaten Paser akan mendapatkan bantuan penanaman. Desa tersebut adalah Lori dan Sungai Langir sudah selesai penanaman, selanjutnya tahun 2024 Desa Tajur, dan Pasir Mayang. 

Direktur Pelaksana Program Impact, Chintya Dian Astuti menyampaikan mangrove adalah tempat berkumpulnya Biota laut dan masyarakat mengumpulkan penghasilan masyarakat. Impact menyasar lima aspek, yaitu People, Planet, Prosperity, Partnership and Peace.  Program ini melakukan pendekatan ke masyarakat desa sekitar. 

Program IMPACT Indika Energy
Program IMPACT Indika Energy

Program IMPACT Indika Energy ke desa ini adalah pelaksanaan pembibitan dan penanaman, pemberdayaan masyarakat, monitoring, evaluasi dan learning, publikasi dan desiminasi. Program ini untuk mewujudkan keberlanjutan di Indonesia dan mencapai netral karbon pada 2050.

“Program rehabilitasi dan restorasi mangrove ini direncanakan mencakup area sekitar 250 hektare sampai 2025 mendatang di Paser,” kata Chintya usai forum diskusi memperingati World Mangrove Day 2023 di Kabupaten Paser, Kamis 27 Juli 2023.

Mangrove adalah salah satu ekosistem laut paling produktif yang memberikan perlindungan yang aman bagi sejumlah organisme air, melindungi garis pantai dari erosi, dan mengamankan mata pencaharian ekonomi masyarakat pesisir. Di Paser sendiri ada 205 kilometer panjang garis pantai yang berpotensi jadi tempat tumbuh mangrove. 

Program IMPACT Indika Energy (INDY)
Program IMPACT Indika Energy (INDY)

Sebelumnya pada tahun 2019 dan 2020, Indika Energy Group  (INDY) menanam sekitar 2.000 mangrove di Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan dan Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara; sementara Cirebon Power menanam lebih dari 80.000 mangrove di Waruduwur Cirebon dan Desa Kanci Kulon Cirebon. 

Pada tahun 2021 dan 2022, Indika Energy Group menanam 21.000 mangrove di area seluas lebih dari 4 hektar di Paser dan Kariangau (Kalimantan Timur), Katingan (Kalimantan Tengah), Cilegon (Jawa Barat), dan Sorong (Papua Barat).

Baca Juga:

Sementara pada 2022, Interport menanam 1000 pohon mangrove di Sorong, Papua Barat, dan Tripatra menanam hampir 5000 mangrove di Purwakarta, Jawa Barat.

IMPACT merupakan kerjasama antara Indika Energy dan anak usaha Indika Nature, rehabilitasi dan restorasi mangrove ini direncanakan akan mencakup area sekitar 250 hektare hingga tahun 2025.

Iklan