Paser Akan Punya Industri Pabrik Minyak Goreng Sendiri 
Infopaser.id

infopaser.id, 15 Oktober 2023 – Melihat Paser memiliki komoditas kelapa sawit melimpah tetapi belum ada industri yang mengolahnya, akhirnya membuat Pemerintah Kabupaten Paser berencana membangun pabrik minyak goreng di Desa Bukit Seloka, Kecamatan Long Ikis pada November ini.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop UKM) Paser Yusuf mengatakan pabrik itu akan dibangun oleh pemerintah daerah, dan dikelola Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Bukit Seloka dan ke depannya bisa dibantu oleh koperasi untuk pengembangannya.

“Pabrik ini di tahap awal rencananya bisa menampung 1 ton tandan buah segar (TBS) kelapa sawit dan menghasilkan 200 liter minyak goreng,” kata Yusuf, Rabu 11 Oktober 2023.

kelapa sawit
ilustrasi kelapa sawit. (ANTARA/Syifa Yulinnas)

Prediksi hitungan jika mesin bekerja 24 jam, produksi bisa mencapai 400 liter per hari. Pengadaan alat dan bangunan sudah masuk tahap perencanaan. Pembangunan pabrik minyak goreng merupakan kebijakan hilirisasi kelapa sawit yang merupakan komoditas utama masyarakat Kabupaten Paser. 

Yusuf menilai, kebijakan pengembangan industri pengolahan berbasis pertanian tersebut dapat menggerakkan perekonomian masyarakat. 

Baca Juga:

Pemkab Paser menganggarkan Rp1,3 miliar untuk pembangunan pabrik beserta peralatan produksi di tahun 2023 ini. Dipilihnya pilot projek pertama Desa Bukit Seloka karena komitmen pengelolaan dari pihak desa yang bisa meyakinkan pemerintah. Desa tersebut juga memiliki lahan sawit yang luas.

“Jika ini berjalan lancar, berikutnya desa lain bisa kita bangun juga pabrik skala kecil ini,” kata Yusuf. 

Program ini adalah tema pembangunan Pemkab Paser untuk tahun 2023, yaitu mempersiapkan sektor pertanian dan industrinya aar menghidupkan UMKM dan perekonomian lainnya.

Iklan