24 Koleksi Kesultanan Kukar ditampilkan di Pameran Budaya Kandilo Plaza - Info Paser
Infopaser.id

24 Koleksi Kesultanan Kukar ditampilkan di Pameran Budaya Kandilo Plaza

24 Koleksi Kesultanan Kukar ditampilkan di Pameran Budaya Kandilo Plaza

infopaser.id – Pameran Museum benda bersejarah Kaltim yaitu milik Keraton Kesultanan Kutai Kartanegara (Kukar) bisa dilihat di Kabupaten Paser. Lokasinya di lantai tiga Kandilo Plaza. Pameran keliling ini merupakan kali pertama yang dilakukan oleh UPTD Museum Negeri Mulawarman dan sampai ke Paser. 

Tenaga Teknis Preparator, UPTD Museum Negeri Mulawarman Siska menyampaikan pameran ini berlangsung dari 13 Maret sampai 17 Maret 2023. Pameran keliling ini mengangkat tema Budaya Keraton Sebagai Inspirasi Muda dalam Menyongsong Era Globalisasi. 

Panitia mengangkat Budaya Pangkon yang merupakan salah satu unsur penting dalam setiap ritual yang dilakukan oleh Kesultanan Kukar, misalnya pada pesta erau dan penabalan sultan. 

“Total ada 24 koleksi keraton Kesultanan Kukar yang kita pamerkan,” kata Siska, Kamis 16  Maret 2023.

Koleksi benda ibu merupakan peninggalan Kesultanan Kukar dan merupakan unsur terpenting dalam ritual atau upacara adat di Kesultanan Kukar. Seperti ketopong raja, tambung surat, bokor, kemudian cenrana, tiang ayu dan lain sebagainya. 

Dipilihnya Kabupaten Paser sebagai lokasi pameran keliling, lantaran sebagai pembanding antara dua kesultanan. Karena di Paser ada Kesultanan Paser dan di Kukar juga ada Kesultanan Kutai Kartanegara. 

UPTD Museum Negeri Mulawarman mengharapkan dengan pameran keliling tersebut, generasi muda bisa mengenal dan mengapresiasi kesultanan yang ada di Kaltim, dengan berbagai latar belakang budaya yang ada. 

“Paser dipilih karena banyak pengunjung di Museum Mulawarman yang meminta untuk digelar pameran di sini,” katanya. 

Setelah Kabupaten Paser, rencananya akan ke daerah lain seperti Kubar, Samarinda, hingga daerah lainnya termasuk di tempat asal yaitu Tenggarong ibu kota Kabupaten Kutai Kartanegara.

Iklan