Eksotis, Pantai Plasma Berpotensi Jadi Destinasi Warga Paser
Infopaser.id

Pantai Plasma Senipah, Infopaser.id – Melihat topografi Kabupaten Paser berupa dataran rendah dan dataran tinggi serta berbatasan dengan laut, tak heran wilayah Bumi Daya Taka ini mempunyai banyak potensi alam yang bisa dikembangkan sebagai destinasi wisata unggulan.

Melalui pengembangan wisata, bukan hanya menambah destinasi liburan di Paser, namun dari sisi ekonomi akan meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. 

Baca Juga: Kemilau Laut Pondong Jadi Tempat Favorit Anak 90an Tanah Paser! 

Salah satu yang patut dikembangkan adalah Pantai Plasma di Desa Senipah, Kecamatan Tanjung Harapan. Sejauh ini, pantai tersebut telah menjadi destinasi wisata masyarakat setempat, khususnya ketika akhir pekan. 

Sayangnya, tempat wisata ini masih perlu dilakukan pengembangan oleh pemerintah daerah. Salah satunya yaitu penamaan wisata bahari, di mana sampai kini belum mempunyai nama yang pasti.  Orang Desa Senipah menyebutnya Pantai Plasma saja, karena belum ada penamaan khusus. 

Perlu diketahui, Pantai Plasma cukup janjang hingga sampai batas Desa Tanjung Aru yang pengembangannya sesungguhnya telah direncanakan pada tahun 2019. 

Baca Juga: Museum Sadurengas Ikon Sejarah dan Wisata Kabupaten Paser

Namun sayangnya, pembahasan lanjutan terhenti dikarenakan terjadi refocusing anggaran untuk penanganan Covid-19. Rencana ke depan tetap mau dikembangkan dengan menyesuaikan anggaran. 

Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Andi Jalaluddin, pada hari Jumat (1/3/2024) mengaku optimis jika pengembangan dilakukan, maka akan membantu perekonomian masyarakat, terutama bagi pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) Desa Senipah.

Apalagi, Pantai Plasma merupakan bagian dari laut lepas Selat Makassar yang mempunyai butiran pasir putih yang indah dengan air laut nan biru warnanya. Menyuguhkan pemandangan yang sangat mempesona bagi yang melihatnya.

Baca Juga: Wisata Keluarga Taka Garden Bernuansa Alam

Saat ini Pantai Plasma belum mempunyai pengelola khusus, sehingga tidak ada retribusi resmi bagi Pemerintahan Kabupaten Paser.

Melihat potensi peluang seperti ini, Pemerintah Kabupaten Paser seharusnya memprioritaskan pengembangan wisata Pantai Plasma, demi meningkatkan perekonomian warga sekaligus meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Paser melalui retribusi.  

Sumber: Tribun Kaltim

Iklan