Ada Internet Gratis Bagi 26 Desa di Paser, Tembus 100 Mbps
Infopaser.id

Alhamdulillah, 26 Desa di Paser Dapat Layanan Internet Gratis

Pemkab Paser bekerja sama dengan anak usaha PT PLN, yaitu PT. Indonesia Comnet Plus untuk memberikan layanan internet gratis dengan kecepatan 100 Mbps untuk 26 desa di Kabupaten Paser.

Pemkab Paser bekerja sama dengan anak usaha PT PLN, PT. Indonesia Comnet Plus untuk memberikan layanan internet gratis dengan kecepatan 100 Mbps untuk 26 desa di Kabupaten Paser.

Infopaser.id – Sebagai bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser dalam upaya untuk mendorong agar tidak ada lagi daerah blank spot komunikasi di Paser, Pemkab Paser bekerja sama dengan anak usaha PT PLN, PT. Indonesia Comnet Plus untuk memberikan layanan internet gratis dengan kecepatan 100 Mbps untuk 26 desa di Kabupaten Paser.

Peresmian layanan internet gratis desa secara daring di Command Center DKISP Kabupaten Paser. (Istimewa)
Peresmian layanan internet gratis desa secara daring di Command Center DKISP Kabupaten Paser. (Istimewa)

Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo) Paser, Arief Rahman menjelaskan saat ini pihaknya ingin menghadirkan masyarakat desa yang saling terhubung dengan pengembangan teknologi dalam berbagai informasi. Selain itu, program ini merupakan salah satu konsep pengembangan ‘Desa Cerdas’ yang cocok untuk diterapkan di era digitalisasi seperti sekarang. 

“Konsep pengembangan desa dengan memanfaatkan teknologi, baik untuk pelayanan publik dan pengembangan kawasan seperti infrastruktur teknologi informasi, teknologi komunikasi, transportasi, zonasi, irigasi, drainase dan energi,” kata Arief, Selasa 11 Juni 2024.

Baca Juga: Peduli Difabel dan Disabilitas, Kideco Luncurkan ISDP Dreams di Batu Sopang 

Arif menyebut, dalam membangun desa cerdas harus mengacu pada tiga aspek, yaitu aspek kebijakan, aspek potensi, permasalahan dan tantangan yang dihadapi serta aspek prioritas.  Konsep Desa Cerdas dalam upaya mewujudkan 6 pilar desa cerdas, landasan utamanya adalah keterlibatan stakeholder dan membangun jejaring kemitraan. 

Di sisi lain, Bupati Paser Fahmi Fadli berharap terus dilakukan inovasi dengan pendekatan teknologi terkini termasuk pemanfaatan teknologi Low Earth Orbit (LEO) oleh Diskominfo agar bisa mengatasi berbagai kendala dalam penyediaan akses internet dan telekomunikasi di berbagai desa di Paser.

Baca Juga: Diskominfo Paser Imbau Tiap Kecamatan Bentuk Media Center 

“Pemerintah daerah juga menyampaikan terima kasih atas dukungan dari Pemerintah Desa dan Duta Digital Desa, di mana telah melakukan pendampingan desa dalam peningkatan literasi digital masyarakat,” kata Fahmi. 

Iklan