Air PDAM Rumahmu Macet? Ini Kata Perumda Tirta Kandilo
Infopaser.id

Infopaser.id – Sering kali air bersih Perumda Tirta Kandilo Paser tidak mengalir ke sejumlah titik pemukiman warga di berbagai kecamatan di Paser. Apalagi saat momen hari besar seperti Lebaran Idul Fitri lalu. 

Direktur Perusahaan Air Minum Daerah Tirta Kandilo Suryanto Agustono menyampaikan penyebabnya adalah pompa penyedot air baku di Intake sering mengalami kerusakan. Beberapa kali terjadi di Intake Sangkuriman. Sempat ada lima unit pompa mengalami kerusakan. Hal ini terjadi diluar perkiraan petugas. 

“Sebelumnya kami sudah mempersiapkan distribusi untuk momen besar, namun tak disangka ada kerusakan banyak pompa seminggu sebelum lebaran,” kata Agustono, Selasa, 30 April 2024.

Baca Juga: 8 Pencuri Besi dan Alat Berat Berhasil Ditangkap Polsek Kuaro 

Kerusakan pompa berdampak pada stok air baku dan debit air yang mengalir ke masyarakat. Agustono pun telah memutuskan untuk mendatangkan pompa baru. Pompa cadangan pun sudah ada dan langsung dipasang dan air bersih kembali mengalir dengan normal. 

Dikarenakan ini persoalan darurat, terkadang Perumda tidak dapat memberikan himbauan kepada masyarakat jika debit air bersih yang mengalir ke warga tidak merata. Berbeda halnya jika ada pekerjaan perawatan yang memang direncanakan, maka jauh waktu bisa diberikan peringatan atau pengumuman agar masyarakat bisa antisipasi.

Baca Juga: Waduh, 4 Remaja Di Bawah Umur Asal Muara Samu Curi Pompa Air 

Iklan