Total 1.083 Hewan Kurban Di Paser Pada Idul Adha 2023
Infopaser.id

Total 1.083 Hewan Kurban Dipotong di Paser Pada Idul Adha 2023

Total 1.083 Hewan Kurban Dipotong di Paser Pada Idul Adha 2023

Hari terakhir pemotongan hewan kurban Hari Raya Idul Adha 2023 di Kabupaten Paser Sabtu 1 Juli, tercatat total ada 1.083 ekor hewan yang disembelih dari data Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) Paser mencatat 

Meskipun data ini belum rampung seluruhnya, namun angkanya kurang lebih tidak jauh kata Kepala Disbunak Paser Djoko Bawono. 

Dia juga menegaskan petugas kesehatan hewan telah mengatasi ketat seluruh proses pemotongan khususnya di luar Rumah Pemotongan Hewan (RPH). 

Pemotongan di lingkungan warga tetap dipantau agar memastikan kesehatan hewan yang akan disembelih. 

Qurban

Kekhawatiran tentang cacing pita yang ada di tubuh ternak juga jadi pantauan khusus Disbunak. Djoko mengatakan tidak ada ditemukan cacing pita di badan sapi atau kambing yang disembelih. 

“Alhamdulillah belum ada laporan hewan yang terindikasi kena cacing pita,” kata Djoko, Senin 3 Juli 2023.

Disbunak telah menginformasikan maraknya penyakit hewan yang perlu diwaspadai.Ada tiga penyakit hewan yang perlu diwaspadai, meskipun tidak menular ke manusia, yaitu Penyakit mulut dan kuku (PMK), Lumpy skin disease (LSD), dan Peste des petits ruminants (PPR). 

Dari ketiganya itu, PMK dan LSD yang sangat diantisipasi masuk ke Kabupaten Paser. Penyebarannya cukup marak belakangan ini. 

Idul Adha

Jumlah Hewan Kurban yang dipotong sampai 1 Juli 2023 di Paser:

– Sapi = 880 

– Kambing =  200 

– Domba = 3 

Total 1.083 ekor. 

Iklan