Paser Gelar Dekranasda Award 2023 Lestarikan Batik
Infopaser.id

Lestarikan Budaya Batik, Dekranasda Paser Gelar ‘Dekranasda Award 2023’

Dekranasda Paser Gelar Dekranasda Award 2023 Lestarikan Budaya Batik

infopaser.id – Desain membuat motif Batik Paser terbaru dilombakan oleh Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Paser telah menghasilkan empat pemenang terbaik. Kain motif terbaru ini nantinya akan dibagikan secara gratis kepada sekolah untuk pembuatan baju batik sekolah di Kabupaten Paser.

Ketua Dekranasda Kabupaten Paser, Sinta Fahmi Fadli mengatakan peringkat satu sampai empat lomba ini dinobatkan menjadi motif baru semuanya. 

Foto award batik paser

Dilombakan desain batik tersebut karena batik merupakan budaya dan dapat dijadikan salah satu oleh-oleh khas Paser.  Selain itu tujuannya agar motif Batik Paser bisa lebih banyak dan variatif jenisnya. Sinta menyampaikan ini saat momen Dekranasda Award 2023, Senin 2 Oktober 2023.

Motif terbaru ini diharapkan bisa membantu peningkatan perekonomian pelaku usaha dan industri yang memproduksi batik ini. 

Baca Juga:

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Paser M. Yunus Syam menyampaikan seluruh sekolah akan mendapatkan kain Batik secara gratis untuk pembuatan seragam sekolah batik secara menyeluruh.

Bupati Paser Fahmi Fadli menyampaikan bahwa batik merupakan salah satu warisan budaya Indonesia, sehingga adanya Hari Batik Nasional yakni hari perayaan nasional Indonesia untuk memperingati ditetapkannya batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan nonbendawi pada 2 Oktober 2009 oleh UNESCO.

Baca Juga:

Pemerintah daerah mengapresiasi dan terimakasih kepada Dekranasda Kabupaten Paser yang telah menggelar Lomba Desain Batik ini, dan ucapan selamat kepada para pemenang lomba desain motif batik Paser.

“Dengan adanya kegiatan ini, tentu dapat memperkaya dan melestarikan motif batik yang ada di Kabupaten Paser,” kata Fahmi.

Iklan