Hari Raya Nyepi 2024, Umat Hindu di Paser Gelar Pengerupukan
Infopaser.id

Sebelum Hari Raya Nyepi 2024, Umat Hindu di Paser Gelar Pengerupukan

Foto: Umat Hindu di Paser Gelar Pengerupukan Sebelum Hari Raya Nyepi 2024

Infopaser.id – Umat Hindu di Indonesia akan merayakan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1946 pada Senin 11 Maret 2024. Sama seperti umat lainnya, Umat Hindu di Kabupaten Paser pun juga akan memperingati Hari Nyepi. Sehari sebelum Hari Nyepi,  biasanya akan digelar Pengerupukan upacara yang dirayakan sehari sebelum Nyepi pada Minggu. Hari Suci tahun ini terhitung Tahun Baru Saka 1946. 

Berdasarkan informasi dari salah satu umat Hindu di Paser, upacara Pengerupukan akan digelar pada Minggu di Pura Desa Jone Kecamatan Tanah Grogot. Biasanya pada momen Hari Nyepi, di hari kedua di gelar syukuran dengan mengundang tamu dari berbagai umat lainnya di Paser. Namun karena tahun ini bertepatan dengan awal Ramadan, maka ditiadakan syukuran terbuka.

Umat Hindu di Paser sejak beberapa tahun terakhir semakin nyaman beribadah, kenyamanan ini setelah pemerintah daerah telah menghibahkan tanah untuk pembangunan Pura di Desa Jone. Pura tersebut kini sudah hampir selesai meskipun belum 100 persen. Lokasinya pun dinilai strategis dan masih luas untuk pengembangan.

Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Paser juga rutin menggelar pertemuan antar pemuka agama, salah satunya dalam mendukung pembangunan rumah ibadah berbagai agama termasuk Pura.

Nyepi adalah hari raya umat Hindu yang dirayakan setiap tahun pada Tahun Baru Saka. Bali ada tempat pusat perayaan Nyepi terbesar di Indonesia. Hari raya suci  tahun baru saka dirayakan dengan keheningan melalui tapa, brata, yoga dan semadhi. Hari Nyepi tidak dirayakan secara meriah seperti hari raya agama lain pada umumnya, tapi justru dirayakan dengan penuh keheningan.

Catur Brata Penyepian

Ada beberapa aturan yang harus diperhatikan dalam perayaan Hari Raya Nyepi atau Tahun Baru Saka, yaitu Catur Brata Penyepian. Apa saja itu?

1. Amati Geni

Pantangan bagi umat Hindu untuk menyalakan api, listrik, cahaya, atau unsur lain yang identik dengan sifat amarah seperti api.

2. Amati Lelanguan

Larangan untuk berfoya-foya atau bersenang-senang secara berlebihan saat perayaan Nyepi.

3. Amati Lelungan

Larangan untuk bepergian sekaligus anjuran untuk berdiam di dalam rumah.

4. Amati Karya

Larangan untuk bekerja selama Hari Raya Nyepi selama 24 jam.

Itulah beberapa aturan yang harus diperhatikan dalam perayaan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1946 yang diperingati pada tanggal 11 Maret 2024.

Iklan