Berkunjung ke Paser? Jangan Lupa Cicipi 4 Makanan Khas Ini!
Infopaser.id

Infopaser.id – Paser merupakan kabupaten yang secara administratif masuk dalam ke wilayah Provinsi Kalimantan Timur.

Kabupaten ini mempunyai julukan Bumi Daya Taka, bermotokan dari bahasa suku Dayak Paser “Paser Buen Kesong” yang berarti “Paser Berhati Baik” dan semboyan “Olo Manin Aso Buen Si Olo Ndo” yang artinya “masa depan harus lebih baik dari sekarang”.

Kabupaten Paser yang dikenal memiliki sejarah panjang sejak Kerajaan Madurangas tahun 1516, mempunyai kuliner tradisional yang terkenal dengan kelezatannya. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Ponta

Ponta adalah kepanjangan dari Podangan Ketan, yang diolah dari padi ketan yang masih muda. Ponta termasuk makanan khas tradisional nenek moyang yang masih dilestarikan di Kabupaten Paser sampai saat ini.

Cara pengolahannya, padi ketan yang masih muda itu dipisahkan dari tangkainya dengan cara diserut, setelah itu disangrai hingga matang lalu didiamkan sampai dingin. Kemudian ditumbuk dan dibersihkan dari kulitnya, maka Ponta pun sudah siap untuk disantap.

2.  Sambal Acan

Sambal Acan adalah jenis sambal paling populer di Paser. Sambal Acan diolah menggunakan campuran buah-buah lokal seperti mangga asam, terong asam dan binjai. Buah yang digunakan tergantung musim, makanya Sambal Acan beraneka rasa.

Rasanya sungguh nikmat terlebih jika dihidangkan bersama nasi hangat. Saat ini, Sambal Acan bisa diperoleh di pusat oleh-oleh di Paser dan tersedia dalam berbagai ukuran kemasan sebagai buah tangan.

3. Dempo Duyan

Dempo Duyan sepertinya tidak boleh dilewatkan bagi pecinta durian. Dempo Duyan ini agak mirip dodol. Tapi, jika dodol menambahkan bahan lain seperti gula dan garam, Dempo Duyan sama sekali tidak, sehingga rasanya pun sangat khas.

Pembuatan Dempo Duyan ini dilakukan secara turun temurun oleh masyarakat Paser dengan teknologi yang sangat sederhana.  Uniknya, buah durian ini bukan berasal dari kebun yang ditanam warga, namun durian hutan yang banyak tumbuh di dalam hutan-hutan di Paser.

4.   Deli Tekalo/Sayur Tekalo

Terakhir, Deli Tekalo menjadi makanan khas kabupaten Paser. Tekalo atau Kecombrang adalah tumbuhan yang sejak ratusan tahun lalu dipakai sebagai bumbu tradisional untuk memasak. Makanan ini merupakan sayur asam dengan memakai ikan beong dan timun dadi.

Cara memasaknya pun mudah yaitu dengan merebus air hingga mendidih lalu masukkan bawang merah, serai, kunyit, lengkuas, timun padi, ikan beong dan garam secukupnya hingga tercium bau harum.  Deli Tekalo pun siap untuk disajikan.

Itulah beberapa kuliner khas dari Kabupaten Paser yang sangat menggugah selera dan menjadi daya tarik bagi siapa pun untuk mengunjungi Bumi Daya Taka.

Iklan