Air Terjun Tembala, Potensi Wisata Alam Di Muara Lambakan
Infopaser.id

Desa Muara Lambakan, Kecamatan Long Kali, Paser ternyata memiliki potensi wisata alam tersembunyi yang indah, yaitu air Terjun Tembala. Destinasi wisata alam ini dikunjungi warga sekitar bahkan ada yang dari mancanegara.

Lokasinya di RT 03 atau 97 kilometer dari ibu kota Tana Paser. Memang masih jarang yang berkunjung ke sini karena jauh dan akses jalannya masih rusak. Kepala Desa Muara Lambakan Firdaus mengatakan akses menuju desanya menjadi salah satu penyebab minimnya kunjungan wisata ke air terjun ini. 

“Jalan menuju desa masih belum bagus, dan  menuju lokasi air terjun bisa harus naik motor separuhnya dan sisanya jalan kaki,” kata Firdaus, Kamis 1 Juni 2023.

Air Terjun Tembala, Potensi Wisata Alam di Muara Lambakan
Air Terjun Tembala, Potensi Wisata Alam di Muara Lambakan

Jarak air terjun dari pusat pemerintahan desa sepanjang satu kilometer. Jarak dari jalan provinsi Kaltim ke lokasi 45 kilometer dan rutenya masih belum bagus. 

Kades muda itu yakin air terjun ini bisa berkembang dan bisa menambah Pendapatan Asli Desa (PADes) dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) jika dikelola dengan baik. Dia berharap pemerintah daerah bisa terus mengucurkan peningkatan jalan ke desanya melalui berbagai sumber dana. Karena jika berharap Dana Desa dan Alokasi Dana Desa (ADD) saja tidak akan cukup. 

Air terjun tersebut juga belum dikelola oleh Bumdes Muara Lambakan. Minimnya anggaran jadi kendala da masih banyak pembangunan lain  yang lebih prioritas. L

“Tapi kami terus koordinasi dengan dinas terkait lintas sektor agar objek wisata ini bisa dikembangkan,” katanya. 

Iklan