Seperti Di Malang, Paser Kini Punya Kampung Warna-Warni
Infopaser.id

infopaser.id – Kampung Warna-Warni tidak hanya di Malang, di Kabupaten Paser ada juga loh. Lokasinya di Desa Janju Kecamatan Tanah Grogot. Jaraknya sekitar 30 menit dari pusat kota Tana Paser. Wisata ini menyajikan pemandangan laut dari pelabuhan ulin, yang disisi kiri kanannya dipenuhi rumah warga berwarna-warni. 

Karena rumahnya berwarna-warni yang menjadi daya tarik dan pemandangan indah. Di sana warga menyediakan wahana keliling laut yang dekat dengan lokasi pelabuhan pertambangan batu bara milik Kideco di kilometer 10 Desa Janju. 

Nama wahananya Susur Sungai. Susur Sungai ini menggunakan perahu nelayan sekitar, pengunjung bisa melihat  Mangrove dan satwa selama perjalanan dengan tarif Rp 25 ribu setiap wisatawan.

Para wisatawan saat melakukan susur sungai bisa melihat berbagai satwa dan pemandangan laut selama satu jam. Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Syahdan mengatakan mengenai tiket masuk ke lokasi ini hanya Rp 5 ribu untuk roda dua dan Rp 10 ribu roda empat. 

Kampung wisata Warna-Warni ramai dikunjungi saat akhir. Beberapa para pegowes juga banyak berkunjung ke sini saat weekend. Khusus hari biasa kunjungan mayoritas pada sore hari.  

Syahdan mengatakan rencananya wisata ini akan di buka juga untuk malam hari. Ada juga pengunjung yang menginginkan ada penginapan atau homestay tersedia. Namun Pokdarwis belum bisa menyiapkan itu. 

Kedepannya, pihak pengelola juga berencana akan membangun homestay, sehingga para pengunjung atau wisatawan bisa menginap di lokasi Kampung Warna-Warni untuk menikmati suasana di malam harinya. Berdasarkan kuesioner yang kita sebar kepada pengunjung untuk memberikan saran maupun kritik, ternyata kebanyakan dari mereka menyarankan agar ada homestay. 

Iklan