Hari Ini Pemkab Paser Buka Gerakan Pangan Murah
Infopaser.id

Sambut Hari Pangan Sedunia, Pemkab Paser Buka ‘Gerakan Pangan Murah’

Sambut Hari Pangan Sedunia Pemkab Paser Buka Gerakan Pangan Murah

Infopaser.id, 17 Oktober 2023 – Menyambut Hari Pangan Sedunia yang jatuh pada 16 Oktober, Pemkab Paser kembali membuka Gerakan Pangan Murah (GPM) di Outlet Pangan Paser Jalan R.A. Kartini Kelurahan Tanah Grogot pada 16 dan 17 Oktober 2023.  

Setelah pembukaan kemarin, banyak warga terlihat antri lumayan panjang untuk membeli sejumlah sembako seperti beras, minyak goreng, dan gula di beberapa outlet milik BUMN dan swasta. Ada juga hasil pangan petani lokal dijual, dan produk UMKM kreatif masyarakat. 

Sekretaris Daerah Kabupaten Paser Katsul Wijaya mengatakan tujuan GPM ini sebagai upaya meningkatkan kesadaran dan perhatian masyarakat internasional akan pentingnya penanganan masalah pangan, baik global, regional dan nasional.

“Pemerintah daerah berharap terjadi peningkatan ketahanan pangan seluruh dunia, terutama pada saat krisis ini. Khususnya pangan di daerah agar cukup stoknya,” kata Katsul, Selasa 17 Oktober 2023.

GPM ini agar menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan. Kegiatan ini serentak di 421 titik dari 38 provinsi dan 262 kabupaten/kota. Pemerintah Kabupaten Paser terus berkomitmen memperkuat ketahanan pangan sebagai upaya untuk menyediakan pangan bagi 275.452 penduduk Kabupaten Paser,.

Kegiatan ini bertujuan agar terpenuhinya kebutuhan pokok dan meningkatnya standar kehidupan masyarakat yang selanjutnya mampu menjadikan sumber daya manusia yang sehat, aktif dan produktif, serta berdaya saing sesuai amanat Undang-undang Nomor 18 Tahun 2012 Tentang Pangan.

Katsul mengatakan beberapa bentuk implementasi program dalam tantangan pembangunan ketahanan pangan, termasuk di antaranya Pembangunan Outlet Pangan Paser.

Adapun peran dari keberadaan outlet pangan antara lain menyediakan bahan pangan strategis untuk menjaga stabilisasi pasokan dan harga pangan, menyediakan bahan pangan yang terjangkau bagi masyarakat, mendorong UMKM pangan masyarakat untuk percepatan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Baca Juga:

Katsul berpesan agar Outlet Pangan Paser ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh seluruh pelaku usaha pangan, baik UMKM Pangan, Distributor Pangan, BUMN/BUMD Pangan, Gapoktan dan KTNA maupun pihak terkait lainnya sesuai ketentuan yang berlaku.

“Dinas Ketahanan Pangan dan semua pihak koordinasinya sangat baik, sehingga kegiatan Gerakan Pangan Murah ini dapat kita selenggarakan,” kata Katsul.

Iklan