Mengenal Suku Dayak Paser Kalimantan Timur
Infopaser.id

Mengenal Suku Dayak Paser Kalimantan Timur

Suku Dayak Paser adalah bangsa yang asalnya berada di sepanjang tenggara pulau Kalimantan.

Mengenal Suku Dayak Kabupaten Paser Kalimantan Timur

Suku Dayak Paser

Suku Dayak Paser adalah suku bangsa yang tanah asalnya berada di sepanjang tenggara pulau Kalimantan atau Borneo atau terletak di bagian Selatan dari provinsi Kalimantan Timur, Indonesia.

Suku di Paser ini tersebar di beberapa wilayah di beberapa kabupaten dan kota di provinsi Kalimantan Timur maupun provinsi Kalimantan Selatan yakni di Kabupaten Paser, Kabupaten Penajam Paser Utara, dan Kota Balikpapan.

Agama

Suku Dayak Paser sebagian besar beragama Islam. Hal ini terbukti dari jejak leluhur islam yang ada di Paser yaitu berdirinya Kesultanan Paser (Kerajaan Sadurengas). 

Bagian dari Suku Dayak

Suku ini masih berkerabat dengan suku Dayak Benuaq, Dayak Tunjung, Dayak Bentian, Dayak Deah, Dayak Semihim, Dayak Maanyan, Dayak Teboyan dan Dayak Ot Danum. 

Suku bangsa Paser sebenarnya juga bagian dari suku Dayak. Dikarenakan perbedaan keyakinan, administratif serta campur tangan Kolonial Hindia Belanda akhirnya memisahkan rumpun ini dengan suku dayak. 

Penduduk

Sebagian besar suku bangsa Paser saat ini bermukim di sepanjang Tenggara pulau Kalimantan atau Borneo dan terkonsentrasi di daerah pedalaman sepanjang Sungai Kandilo dan Sungai Telake.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2021, Kabupaten Paser memiliki total 270 ribu jumlah penduduk. 

Selanjutnya kita bahas suku dari etnis Tonsea dan sebagian lagi Sangir dari pnduduk Kabupaten Minahasa Utara

Jangan lupa terus ikuti update news seputar kabupaten Paser hanya di Berita Paser – Infopaser.id

Penulis: Alan

Editor: Assai

Iklan