Melas Taon 2023, Ajang Melestarikan Budaya Paser - Info Paser
Infopaser.id

Melas Taon 2023, Ajang Melestarikan Budaya Paser

Melas Taon 2023 Ajang Melestarikan Budaya Paser

Infopaser.id – Melas Taon 2023 resmi dibuka pada Senin 6 November 2023 di halaman Gedung Temiang Kilometer 5 Kecamatan Tanah Grogot. Ketua Panitia, Zulkifli menyampaikan terima kasih disampaikan sampaikan atas kebijakan dari bupati Paser, karena semua kegiatan ini bersumber dana dari APBD. Selain itu seluruh dinas juga mendukung dengan menyediakan makanan gratis untuk masyarakat. 

Beberapa lomba menyambut Melas Taon ini telah sukses terlaksana, mulai dari Seni Tradisional, lomba pidato bahasa Paser tingkat SLTP, lomba menulis cerpen Bahasa Paser, lomba Stand up Komedi, Bahasa Paser, dan lomba lagu Bahasa Paser.  Peserta yg mengikuti kegiatan ini kurang lebih 150 siswa SD dan SLTP se-Paser. 

Selain untuk pelajar, banyak juga lomba seni tradisional lainnya yang antusias diikuti masyarakat. Seperti Ronggeng, Petikan Gambus, dan Gendang AGONG/kuntaw. Ada juga lomba Seni olahraga dan permainan tradisional seperti Belogo, Gasing, Enggrang, Sumpit, dan Sorong Batang. 

Melas Taon 2023

“Tari kolosal Ngarumbara dan Tari Tolong Singkir diusulkan menjadi warisan budaya tak benda Kabupaten Paser,” kata Zulkifli, Senin 6 November 2023.

Ketua Dewan Pimpinan Pusat Lembaga Adat Paser (DPP LAP) Aji Ayub menyampaikan dari 405 suku di Kalimantan, Paser yang mempunyai peradaban cukup maju. Sejak abad ke-4 sudah punya kerajaan. Dia bersyukur pemerintah telah menetapkan PPU jadi IKN. Di mana daerah tersebut merupakan wilayah hukum adat Paser. Tentu ini suatu kehormatan. 

“Kami harap adat istiadat Paser bisa dihormati di sana. Sampai hari ini Paser selalu dalam keadaan aman Damai dan kondusif,” kata Ayub. 

Kearifan lokal ini memang telah dilindungi Undang-undang. Panitia menyampaikan rasa syukur karena acara ini telah di dukung penuh pemerintah daerah. 

“Kami mengucapkan terima kasih banyak kepada Bupati dan seluruh pejabat terkait,” kata Ayub. 

1 2

Iklan