Dinas Ketahanan Pangan Kab Paser Bentuk Outlet Pangan, Jadi Rumah Inflasi - Info Paser
Infopaser.id

Dinas Ketahanan Pangan Kab Paser Bentuk Outlet Pangan, Jadi Rumah Inflasi

Dinas Ketahanan Pangan Kab Paser Bentuk Outlet Pangan, Jadi Rumah Inflasi

Demi menjaga stabilitas harga pangan atau sembilan bahan pokok (Sembako) di daerah Paser, Dinas Ketahanan Pangan Paser membuka Outlet Pangan Paser di Jalan R.A. Kartini Kelurahan Tanah Grogot. 

Bangunan yang sebelumnya kantor Dinas Pasar dan kantor lainnya, dialihfungsikan untuk Outlet Pangan Paser. Kepala Dinas Ketahanan Pangan Paser Taharuddin mengatakan hasil pangan petani lokal boleh dijual di sini. 

“Nanti ada regulasinya kita atur, petani dan dari hasil pangan mana saja yang bisa berjualan di sini,” kata Taharuddin, Senin 26 Juni 2023.

Tujuan dibangun Outlet Pangan ini kata dia  adalah agar menjaga stabilisasi pasokan sembako dan harga di pasar. 

Dinas Ketahanan Pangan Kab Paser Bentuk Outlet Pangan, Jadi Rumah Inflasi 2
Dinas Ketahanan Pangan Kab Paser Bentuk Outlet Pangan, Jadi Rumah Inflasi 2

Dia mencontohkan seandainya ada komoditi yang langka dan harganya mahal, maka solusinya warga bisa mencari di Outlet ini. Tentunya dengan harga normal dan dibatasi penjualannya. 

“Kurang lebih perannya sebagai Rumah Inflasi,” kata Taharuddin. 

Outlet tersebut baru diresmikan pada 26 Juni 2023 atau hari ini, sekaligus momen Gerakan Pangan Murah serentak nasional menyambut Hari Raya Idul Adha 2023.

Dalam stand Outlet Pangan, bakal ada distributor besar dari luar daerah yang akan membantu memasok pangan di daerah yang terbatas. 

Seperti PT Rajawali Nusantara Indonesia dan CV Kutai Ternak Mandiri yang menyediakan produk pangan dan protein hewani beku.

Tujuan keberadaan perusahaan ini adalah untuk stabilitas harga di saat langka dan ada kenaikan, bukan menjadi pesaing pedagang lokal. 

Iklan