Kideco Dan Media Indonesia Institute Beri Pelatihan Wartawan Paser
Infopaser.id

Infopaser.id – PT Kideco gandeng Media Indonesia Institute (group Metro TV) untuk memberikan pelatihan wartawan se-Kabupaten Paser.

infopaser.id – PT Kideco Jaya Agung (Kideco) menggandeng Media Indonesia Institute atau group Metro TV, untuk memberikan pelatihan tentang jurnalistik kepada para wartawan di Kabupaten Paser dan wartawan di Balikpapan, serta Samarinda. 

Kegiatan ini dilaksanakan di Four Points by Sheraton Hotel Balikpapan. Kegiatan berlangsung selama tiga hari dari Selasa 5 Desember 2023 sampai Kamis 7 Desember dengan agenda pelatihan jurnalistik tulis yang diisi langsung oleh jurnalis senior dan editor harian Media Indonesia yaitu Eko Suprihatno. 

Jurnalis yang sudah khatam di bidang olahraga itu banyak bercerita tentang suka duka menjadi jurnalis di kancah nasional. Termasuk saat mendapatkan protes dari berbagai narasumber yang merupakan pejabat tinggi negara di bidang olahraga. 

Pelatihan Wartawan Paser

“Itu memang sudah jadi tantangan wartawan, selama kita menulis fakta, jangan takut,” kata Eko, Selasa 5 Desember 2023.

Eko juga menyarankan agar wartawan di Kaltim terus memperlihatkan eksistensi dirinya, jangan hanya tampil di belakang layar. Namun wartawan juga harus tampil di depan layar atau publik. Bisa disebut aktualisasi diri. 

“Ya seperti saya sekarang ini eksis di depan teman-teman berbagi pengalaman,” kata Eko. 

Baca Juga : UMKM Binaan Pama Kideco-Pemkab Paser Tampil di Indokraf Expo Labuan Bajo

Sementara di sesi kedua hari pelatihan pertama, materi yang diisi tentang bagaimana jurnalis bisa mencari penghasilan tambahan di luar kesehariannya bertugas. Narasumber yang mengisi adalah kameramen dan tim kreatif senior Metro TV, Eugenius Kau Suni atau lebih dikenal Egi Sunni. 

Egi sukses menjadi konten kreator video khusus kategori news di platform Snack Video. Dari hasil kontennya tersebut, per bulan Egi bisa mendapatkan jutaan sampai belasan juta rupiah. Tergantung dari banyaknya konten Egi ditonton. 

Kideco Gandeng Media Indonesia Institute Memberikan Pelatihan Wartawan Paser

“Saya sengaja memilih fokus kategori news, karena saya lama berkecimpung di dunia jurnalistik,” kata Egi. 

Egi juga menceritakan bagaimana dia mencoba mendaftar diri kali pertama sebagai konten kreator di Snack Video. Ternyata tidak mudah, dua kali pendaftaran ditolak. Menurut Egi, wartawan di era digital sekarang harus melek keberadaan media sosial. 

Baca Juga : Pelaku UMKM Binaan Kideco di Paser Dapat Pelatihan dari Shopee

Banyak celah peluang bisnis yang bisa didapat dari media sosial, bahkan dengan cara yang legal dan aman. Tidak harus plagiat atau bebas dari tuntutan hukum. Selama konten kreator itu menulis sumber bahan yang dia ambil maka itu tidak akan bermasalah. 

Iklan