Antar Sampah Botol Plastikmu Jadi Cuan Ke Bank Sampah Binsik Paser
Infopaser.id

Paser, Kalimantan Timur, Infopaser.id – Bagi masyarakat Kabupaten Paser yang memiliki banyak sampah rumah tangga berjenis botol plastik, bisa langsung diantar ke Bank Sampah Binsik Paser. Di tempat ini tiap sampah botol plastik dihargai Rp2 ribu per kilogram. 

Bank Sampah Binsik Paser sendiri berlokasi di kilometer 4 Desa Tepian Batang tak jauh dengan terminal Tepian Batang. Bagi masyarakat yang merasa kesulitan untuk di bawa sampah plastiknya, Bank sampah juga menyediakan pelayanan penjemputan langsung dengan cara cukup menghubungi di nomor 081250484496. 

WhatsApp Image 2024 05 17 at 12.26.54 PM 11zon

Binsik Paser tersebut sudah berdiri sejak 20 Agustus 2020. Mayoritas sampah tersebut setelah didaur ulang, dijadikan produk botol kembali jika di Surabaya. Sementara untuk pengolahan di Paser, sampah botol dan plastik ada yang dijadikan softcase Handphone. 

Founder dan Direktur Bank Sampah Binsik Paser, Muchammad Rifai Rodi atau yang kerap disapa dengan panggilan Achmad Zidan mengatakan tiap bulannya Bank Sampah milikinya memiliki kapasitas 50 sampai 60 ton sampah botol plastik. 

Sampah plastik ini setelah diterima akan diproses dengan cara dipilah, lalu dikepal menggunakan mesin dan kemudian langsung ditutup dan dilabeli merk. Sampah tersebut akan dikirim ke perusahaan pabrik daur ulang di Surabaya. 

“Alhamdulillah sampai sekarang masih beroperasi, kita harapkan masyarakat Paser bisa memilah mana sampah yang bisa di daur ulang dan mana yang tidak bisa,” kata Zidan, Jumat 17 Mei 2024.

Iklan