Inspiratif! Koperasi Al Uswah Cetak Laba 10 Kali Lipat
Infopaser.id

Inspiratif! Koperasi Al Uswah Cetak Laba 10 Kali Lipat dalam 5 Tahun

Koperasi Al Uswah Cetak Laba 10 Kali Lipat dalam 5 Tahun

Koperasi Al Uswah berbasis syariah yang baru lima tahun berdiri ini sudah meraih laba mencapai 10 kali lipat dari modalnya dalam 5 tahun. Dari modal awal pada 2018 hanya Rp 40 juta, kini berkembang sampai Rp 593 juta pada 2023 ini.

Dewan Pendiri Abdul Latif Thaha menyampaikan, koperasi yang berada di Tanah Grogot ini merupakan usaha koperasi jual beli barang sampai pengadaan barang. Koperasi terus berkembang dari semua berjualan HP, sampai kendaraan roda dua hingga roda empat. Ada juga penjualan barang perabotan rumah tangga.

Koperasi Al Uswah
Koperasi Al Uswah

“Alhamdulillah keanggotaan kita juga sudah mencapai 645 orang,” kata Latif, Jum’at (18/8).

Koperasi ini selain sudah memiliki akta notaris, untuk penanaman modal terbuka bagi investor siapa saja yang ingin bergabung.

Selain profit materi bagi tiap tahun, Latif mengatakan koperasi ini juga rutin beramal, dan saling membantu sesama anggota yang kesusahan atau ingin pinjaman modal usaha maupun bangun rumah. 

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop UKM) Paser Yusuf mengatakan ini adalah salah satu contoh koperasi yang sehat dan perlu jadi inspirasi kesuksesannya. Apalagi masih di momen Hari Koperasi Nasional pada 12 Juli lalu, jadi momentum kebangkitan koperasi di daerah.

“Kemajuan koperasi seperti ini tidak lepas dari rutinnya rapat anggota tahunan (RAT) yang terus konsisten dilaksanakan. Koperasi yang baik manajemennya harus baik, ini bisa dilihat dari rutinnya RAT,” kata Yusuf. 

Iklan