Gunung Boga, Perkenalkan Paser Lewat Pariwisata
Infopaser.id

infopaser.id – Kabupaten Paser, kini makin banyak disebut senantero Indonesia karena adanya lokasi wisatanya yaitu Gunung Boga. Bisa juga disebut Gunung Embun, lokasi wisata dataran tinggi populer ini berlokasi di Desa Luan, Kecamatan Muara Samu. 

Sekitar 1,5 jam dari ibu kota Paser Kecamatan Tanah Grogot, kota Tana Paser. Dengan menempuh jalan desa dan perkebunan sawit yang kurang bersahabat masih aksesnya, meskipun mobil sekelas Low MVP seperti Avanza dan sejenisnya pun masih bisa tembus. 

Lokasi Gunung Embun ini berada di tengah perkebunan kelapa sawit milik PT Anugerah Abadi Multi Usaha (AAMU). Dengan status Hak Guna Usaha (HGU). Meskipun Pemkab Paser sudah mengusulkan 10 hektar lokasi sekitar Gunung Boga di lepas atau enclave untuk pengembangan kawasan wisata.

Wisata Gunung Boga

Saat ini belum ada travel resmi yang melayani rute ke Gunung Boga. Mayoritas pelancong yang datang menggunakan kendaraan pribadi. Waktu yang tepat jika ingin menikmati keindahan pemandangan Gunung Boga ialah setelah bada Subuh menjelang matahari terbit. 

Itu jika kondisi tidak hujan dan tidak panas. Jika hujan maka siap-siap zonk tidak melihat awan. Sementara jika panas, pemandangan awannya tidak terlalu lama. Biasanya pukul 08.00 WITA kurang sudah habis.

Baca Juga:

Pemandangan yang dilihat sebenarnya hanya hamparan kebun kelapa sawit. Namun ada Gunung lain yang terlihat  yaitu Gunung Sampi namanya. Itu lah Gunung yang selama ini terlihat jika wisatawan berfoto, selain hamparan awan seperti. Nama Gunung Sampi tidak sepopuler Gunung Boga.

Bagi wisatawan yang hobi berkemah, biasanya bakal menginap di Gunung Boga ini menunggu matahari terbit. Di sana pun juga sudah disediakan penyewaan tenda dan karpet. Namun jika hanya ingin melihat awan di subuh hari, bisa saja sebelum bada Subuh berangkat dari kota Tana Paser. Dan salat subuh di masjid atau Musala yang ada di jalur perjalanan.

Kepopuleran Gunung Boga dimulai tahun 2020, khususnya selama masa pandemi. Wisatawan yang hadir tidak hanya dari Paser dan Kaltim. Namun sudah banyak yang dari luar daerah dan Pulau Jawa. Bahkan banyak komunitas sepeda atau Gowes yang sengaja touring menempuh perjalan ke Gunung Boga dari kota Tana Paser.

Baca Juga:

Termasuk olahraga ekstrim seperti Paralayang, sudah banyak yang berlatih di sini. Karena lokasinya dianggap pas untuk terjun. Gunung Boga juga masuk dalam lomba Anugerah Pesona Indonesia Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) 2020, untuk kategori dataran tinggi terpopuler.

Iklan