Hanya Di Tanah Grogot! Bawa Sampah, Bisa Tukar Voucher Belanja 
Infopaser.id

infopaser.id – Kecamatan Tanah Grogot bersama komunitas Bank Sampah Binsik Paser meluncurkan program penukaran sampah dengan voucher belanja. 

Program ini dimulai pada 3 Februari 2024 mendatang. Camat Tanah Grogot mengatakan ini adalah upaya Pemkab Paser mengurangi jumlah sampah yang terbuang di luar TPS. 

komunitas Bank Sampah Binsik Paser

Petugas Bank Sampah Kecamatan Tanah Grogot nantinya akan standby di mini market (Indomaret) Jalan Noto Sunardi, warga bisa menukarkan sampahnya dengan voucher sesuai jumlah dan nilai ekonomis sampah yang ditukar. Hanya jenis sampah botol, plastik, dan kertas yang bisa ditukar. 

“Seperti bekas minuman, kemasan, kertas, kardus dan lainnya,” kata Rasyid, Senin 29 Januari 2024.

Bank Sampah Binsik Pasaer

Sementara minimarket yang bisa bekerjasama baru di Jalan Noto Sunardi tersebut. Rasyid mengungkapkan ini program pertama kali di Indonesia, belum ada Indomaret mana pun yang melayani tukar voucher dengan sampah. 

Tidak hanya melayani penukaran sampah, ada juga juga program penukaran 5 liter minyak goreng bekas/jelantah dengan 2 liter minyak goreng kemasan baru. 

Program ini menyambut Hari Peduli Sampah Nasional 2024, dia juga berterima kasih kepada para sponsor seperti PT Kideco Jaya Agung, Bankaltim Tara, Tim PKK Paser, Pemkab Paser, dan lainnya. 

Iklan